Translate

Senin, 13 Oktober 2014

CONTOH PENGGUNAAN BAHASA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yang berupa sistem simbol bunyi yang dihasilkan dari ucapan manusia. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan sarana untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di masyarakat. Untuk kepentingan interaksi sosial itu, maka dibutuhkan suatu wahana komunikasi yang disebut bahasa. Setiap masyrakat tentunya memiliki bahasa.
Fungsi Bahasa
Dalam komunikasi sehari-hari alat yang sering digunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa, baik berupa bahasa tulis maupun bahasa lisan. Bahasa sebagai sarana komunikasi tentunya mempunyai fungsi berdasarkan kebutuhan seseorang secara sadar atau tidak sadar yang digunakannya.
  • Bahasa merupakan alat untuk mengekspresikan diri : Tanpa adanya bahasa tidak mungkin sesuatu yang kita ucapkan atau maksud tertentu dapat di pahami oleh pihak seseorang/penerimanya.
  • alat komunikasi : bahasa memungkinkan yang jauh lebih luas dan kompleks dari pada yang dapat di peroleh dengan dari media.
  • sarana untuk kontrol sosial : Sebagai kontrol sosial bahasa sangat efektif. Sebagai kontrol sosial bahasa diterapkan sebagai alat penerangan, informasi, maupun pendidikan.

Contoh fungsi bahasa Dengan media :

  1. Alat kentungan : setiap irama kentungan memiliki arti dan maksud tertentu.
  2. Gambar atau simbol tertentu yang memiliki arti dan maksud. dll


Sumber :

presentasi EDY PRIHANTORO,SS.,MMSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar