Translate

Rabu, 05 November 2014

Pasar OLIGOPOLI dan DUOPOLI

    Struktur pasar atau industri oligopoli adalah pasar (industri) yang terdiri atas hanya sedikit perusahaan (produsen). Setiap perusahaan memilki kekuatan (cukup) besar untuk memengaruhi harga pasar. Dalam dunia nyata perusahaan yang bergerak dalam industri mobil, semen, kertas, pupuk, dan peralatan mesin umumnya berstruktur oligopoli.

Karakteristik pasar oligopoli :

-          Hanya sedikit perusahaan dalam industri (few number of firm).
-          Produknya homogen atau terdeferensiasi (homogen or differentiated product).
-          Pengambil keputusan yang saling mempengaruhi (interdependence desicions).
-          Kompetisi non harga (non pricing competition).

Faktor -  faktor penyebab terbentuknya pasar oligopoli :

a.      Efisiensi skala besar.
b.      Kompleksitas manajemen.

DUOPOLI adalah keadaan khusus dimana dalam pasar oligopoli hanya ada dua perusahaan. Model ini dikembangkan untuk melihat lebih tajam interakhir antar perusahaan dalam pasar oligopoli.

a.     Model cournot (cournot model)

      Model ini dikembangkan augustin cournot (ekonom prancis) tahun 1938. Dasar pengembangan model ini adalah keseimbangan duopolis tercapai bila biaya marginal adalah (MC = 0).

b.     Teori permainan (game theory)

      Teori permainan mencoba menjelaskan perilaku perusahaan dalam pasar duopoli secara lebih realistis. Menurut teori ini duopolis tidak selalu mengambil keputusan secara kompetitif, tetapi juga kerja sama (cooperative). Strategi manapun yang dipilih, dasar pertimbangannya adalah berapa besar hasil yang di peroleh (pay off)



Referensi : buku teori ekonomi mikro suatu pengantar, UI edisi 4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar