Translate

Rabu, 05 November 2014

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

    Pasar persaingan sempurna harus menggambarkan suatu keadaan, di mana penjualan dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil interaksi antara permintaan dan penawaran. Dengan kata lain, harga yang terbentuk adalah cerminan keinginan konsumen dan produsen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, dan penawaran merupakan cerminan keinginan produsen atau penjualan.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :

A. Pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli, namun mereka tidak mampu memengaruhi harga.
B. Dalam pasar persaingan sempurna teerdapat banyak penjualan.
C. Barang dan jasa yang di jual bersifat homogen dan tidak dapat di bedakan.
D. Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna
E. Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah (perfect information)
F. Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan.

Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna :

a.      Kebaikan pasar persaingan sempurna

Salah satu ciri dari pasar persaingan sempurna adalah harga terbentuk berdasarkan interaksi permintaan dan penawaran. Harga menjadi indikator bagi kinerja produsen. Jika produsen memproduksi barang di atas harga pasar maka perusahaan itu akan rugi. Agar dapat bertahan, perusahaan harus memperbaiki kinerja.

b.      Keburukan pasar persaingan sempurna

Pada pasar persaingan sempurna barang yang di perdagangkan bersifat homogen. Tidak ada keunggulan suatu produk di bandingkan produk lain. Inovasi menjadi terhambat. Ini merupakan keburukan pasar persaingan sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar